h1

Menguak Misteri Latah

September 6, 2009

Menguak Misteri Latah

Rasanya tidak ada seorangpun yang tidak pernah memiliki teman atau mengenal seseorang yang memiliki kondisi latah. Biasanya kita senang bermain dengan (baca: mempermainkan) mereka karena dianggap lucu. Tapi tidak seperti dugaan banyak orang, latah bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah fenomena psikososial biasa yang sangat jarang ditemui di luar wilayah Indonesia dan Malaysia. Sebagai materi dalam kelas FAST Hypnosis, ini adalah pelajaran gratis untuk Anda semua…

Menurut Wikipedia, latah adalah kondisi yang dipicu oleh refleks kejutan sehingga korban masuk ke dalam keadaan trance dan menduplikasi gerakan atau ucapan tertentu secara otomatis. Biasanya orang latah dipengaruhi untuk bertindak sesuatu yang aneh, menggelikan, atau bersinggungan dengan ekspresi seksual seperti yang bisa disaksikan dalam video kompilasi latah ini.

Sebagian peneliti berteori bahwa penderita latah ada hubungannya dengan traumatik masa silam dan tekanan masalah seksual, sementara sebagian lainnya mengemukakan tentang alam pikiran seseorang yang terjebak dalam ruang bawah sadar sehingga bisa dengan liarnya terlontar jika ada pemicu. Psikolog Rinrin R. Khaltarina menyebutkan ada tiga penyebab latah dan empat variasi bentuk latah.

Saya sendiri memiliki pendekatan yang lebih sederhana: latah tidak dapat disebut sebagai penyakit serius karena umumnya tidak lebih dari sebuah efek self-hypnosis dimana seseorang memprogram dirinya sendiri untuk bersikap latah untuk keuntungan tertentu. Kurang lebih efek yang sama seperti pertunjukan hipnosis panggung yang dilakukan oleh Romy Rafael dkk.

Jika Anda masih belum mengerti, baiklah saya persingkat: awalnya seseorang hanya iseng meniru gaya latah, lalu ternyata menikmati perhatian yang ia dapatkan dan akhirnya terus-menerus menjadikan akting itu sebagai habit yang sesungguhnya.

Tidak percaya? Silakan saja berpura-pura latah selama satu hari penuh di lingkungan Anda… dan jangan terkejut jika di hari berikutnya Anda memiliki dorongan-dorongan otomatis untuk menjadi latah!

Selain mengundang banyak perhatian orang (dan jadi pusat perhatian itu rasanya nikmat sekali!), latah juga menjadi sebuah ‘kartu ijin’ untuk menantang arus dan melanggar norma, layaknya James Bond yang memiliki ‘ijin untuk membunuh’. Semua tindakan dan ucapan buruk yang dilakukan oleh sewaktu latah akan langsung dimaklumi karena orang-orang menganggapnya tidak sadarkan diri atau bahkan menderita penyakit latah. Dia bebas seenaknya mengucapkan kata-kata ofensif, bertindak bodoh dan gila tanpa perlu takut dicap kasar, bodoh, dan gila.

Latah membuat para ‘penderitanya’ mendapatkan sorot perhatian, perlakuan khusus dan superioritas dibandingkan orang-orang lain di sekitarnya. Jadi sekalipun terlihat tersiksa seperti dalam video ini, mereka sebenarnya menikmati momen-momen tersebut. Sama seperti mudah sekali untuk menjangkiti tubuh dengan ‘penyakit’ latah, mudah sekali juga untuk menyembuhkan diri. Permasalahannya, sedikit yang bersedia menghentikan kecanduan tersebut.

Salam revolusi cinta,

      Lex dePraxis
Solusi Romansa #1 di Indonesia

lex depraxis sebar hitman system

15 komentar

  1. Gue pikir latah itu bentuk ringan echolalia…ternyata beda ya?…kalau latah adalah sebuah bentuk self hypnosis…dan self hypno bisa dilakukan dengan mengkondisikan perilaku…maka gue pernah nemu orang jadi gagap karena self hypno…bahaya juga…. Kalo baca tentang orang jadi permisive pada orang latah…jadi inget waktu jaman dulu orang permisive kepada joker (orang gila yang didandani seperti badut)…

    Lex’s reply: Agak beda, bro. Yup, latah adalah kebiasaan yang mengkristal.


  2. Saran untuk mengobati latah, bagaimana? Thx.

    Lex’s reply: Dipaksa / dibiasin untuk TIDAK latah.


    • Hipnoterapi aja ke lex, bro..

      Lex’s reply: Yup ditunggu kedatangannya.πŸ˜‰


  3. biasanya para artis banyak yg mengidap hal ini, hehe

    Lex’s reply: Yup, mereka butuh sensasi.


  4. Bukannya latah bisa jadi karena penyakit & bisa jadi karena trend saja?

    Lex’s reply: Tentu, itu ‘kan yang saya tuliskan di atas.


  5. boleh ketawa boleh tidak…
    tapi saya pernah jadi salah satu ‘penderita penyakit akibat self-hypnosis’ ini. dan 100% saya setuju dengan teori Lex, baik penyebab maupun langkah menuju keterjangkitan (ga perlulah saya bahas ulang disini, karena… malu?) hehehe…

    dan untungnya sebelum jadi pencari perhatian kronis, saya disadarkan oleh papa yang berkata, ‘you should stop! karena kmu jadi seperti pembantu’. jaman itu yang latah masi di sekitar pembantu, belum jadi pandemi ke MC dan artis2.

    cara sembuhnya sangat mudah, karena takut kena marah lagi, setiap ada keinginan latah saya memprogram diri saya untuk menutup mulut. baik tutup mulut sendiri, maupun dengan tangan. motivatornya adalah omelan papa saya.

    pendidikan jaman feodal memang… tapi toh berhasil.

    ada yg ingin mencontoh?

    Love, lex,
    woman-Nation

    Lex’s reply: Nice share, thank you!


  6. penyakit aneh, tapi lucu…
    hohohoho

    Lex’s reply: Yups, aneh!


  7. Wah, Lex dah kelamaan bolos neh… hihihihihi…

    Lex’s reply: Bolos pangkal sibuk.


  8. wah mantap nih kebetulan dikantor ada tuh temen 1 latah trs temen2 kuliah juga dlu ada 4 klu gak salah tapi sekarang da pada sembuh paling 1 lagi kayaknya

    ini emang faktor kebiasan aja klu mereka punya kemaunan utk berubah bisa kok

    Lex’s reply: Tepat sekali, coba Anda bantu agar dia sembuh. Atau beritahu dia tentang artikel dan blog ini.


  9. temen latah? asyikk digangguin..yahud top markotop…nurdin m toppp !!!

    Lex’s reply: Hahaha, jangan lupa divideokan.πŸ™‚


  10. wah aq jadi merasa bersalah nie ma temenQ yang sering aq goda hingga latahnya kumat ^^

    Lex’s reply: Well, saatnya berhenti ulah demikian.


  11. di tempat kerjaku ada beberapa teman latah, kasihan lho apalagi kalau dikerjain sama-teman-teman. sampe keliatan capek……
    Yang aneh, di tempat tinggalku di Surabaya ana gak pernah ktemu teman, tetangga yang latah….

    Lex’s reply: Kalau ketemu, jangan dipermainkan yah…


  12. wew, niru2 bisa latah beneran.

    Lex’s reply: Yup!


  13. Telah terjadi kerusakan database yang mengakibatkan puluhan comments di entri ini terhapus tanpa jejak dan tidak dapat diperbaiki. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, sobat.


  14. temen2 tolg dong sy gak bisa nglangin latah saya padahal sy awlnya gak da coba2 lath atau ingin diperhtikan, semuanya terjadi begtu saja, aneh nya kalaw saya latah cm satu kata yng sy ucpkan yaitu “mati astaghfirulah”
    kalau ada teman2 dari psykologi ataw smcmnya tolg ya di bals komentar ini

    Lex’s reply: Jika Anda memang berminat, silakan hubungi saya di lex(at)hitmansystem.com untuk terapi singkat.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: