h1

Mengoreksi Cinta Pada Pandangan Pertama

Agustus 14, 2009

mengoreksi cinta pada pandangan pertama

Saya sudah terlalu bosan mendengar ucapan legendaris itu. Love at first sight, kata orang Amrik, atau le coup de foudre kata orang Perancis. Konsep yang menarik, namun sayangnya meleset dari kenyataan. Sensasi yang muncul itu bukanlah ‘rasa cinta’, atau setidaknya bukan cinta seperti yang selama ini umumnya orang pikir.

Sekalipun bervariasi, umumnya yang kita alami ketika itu terjadi adalah kelenjar yang menghangat, mengirim impuls listrik yang membuat tangan lutut lemas, gemetar, telapak berkeringat, lidah kelu, mudah bergonta-ganti mood, dsb. Ditelaah secara saintifik, cinta pada pandangan pertama jauh lebih tepat dikoreksi menjadi nafsu pada pandangan pertama.

Seorang antropolog Rutgers University menjelaskan bahwa pria cenderung lebih mudah untuk mengalami fenomena cinta pada pandangan pertama karena sistem hormon seksual pria sangat sensitif terhadap elemen visual.

Something happens to Sam (male) and Margo (female) as soon as they size each other up. Chemicals begin seeping into their brains. They begin to feel good. They flush. They’re happy and excited. And then, a short-time later, Sam finds himself looking across a candlelit dinner table at her who has a tail of linguine dangling between her lips, and he decides right then that life simply cannot go on without her. Men are so visual, that’s why the whole porn industry is built around them.

Sensasi yang muncul akibat gejolak pandangan-pertama tersebut sepenuhnya berada dalam area ketertarikan fisik. Tubuh kita tertarik akan apa yang kita lihat dan meresponi dengan rasa menginginkannya untuk alasan-alasan biologis (atau lebih spesifiknya lagi, seksual). Jadi setiap ada peserta workshop yang berkomentar, “Uh, yang itu selera saya banget, benar-benar cinta pada pandangan pertama!” saya memukul kepalanya dan berkata, “Hormon, enyahlah!”😀

Cinta, atau Nafsu, pada pandangan pertama tidak lebih dari reaksi biokimia tubuh yang bercampur aduk di dalam darah, menguasai otak dan membuat kita ngarep terhadap figur yang dipandang. Hormon pertama adalah Phenylethylamine (PEA) yang bertanggungjawab akan perasaan euforia yang timbul ketika Anda melihat si dia. Efeknya adalah Anda merasa berdebar-debar, bahagia, melayang, hiperaktif, dan kehilangan nafsu makan.

Hormon berikutnya adalah Dopamine yang terpicu oleh kandungan PEA sehingga Anda merasa nyaman dan puas ketika melihatnya dan mengingat-ingat kejadian tentangnya. Inilah perasaan cinta yang sering disebut-sebut orang itu. Masih ada sejumlah cocktail biokimia lainnya yang terhubung dengan fenomena Cinta Pada Pandangan Pertama, namun saya batasi hingga dua ini saja karena selengkapnya hanya dibahas dalam workshop.

Pelajaran 90 detik di hari ini adalah tidak ada keindahan romantisme dalam proses cinta (baca: nafsu) pada pandangan pertama. Tidak pernah ada cinta dalam cinta pada pandangan pertama. Itu adalah ilusi hormonal, misrepresentasi sosial, dan manipulasi diri yang terjadi di dalam tubuh kita. Para peneliti di Face Research Laboratory di University of Aberdeen menegaskan bahwa ketertarikan pada tatapan pertama tersebut selalu berurusan dengan seks dan ego. Jika Anda pikirkan seksama, itu bukan fondasi yang baik untuk sebuah hubungan romansa jangka panjang.

Salam revolusi cinta,

      Lex dePraxis

Solusi Romansa #1 di Indonesia

lex depraxis sebar hitman system

37 komentar

  1. Memang kita biasanya sebagai cowok langsung bisa berkata begitu ternyata gara2 hormon…

    Lex’s Reply: Memang hormon keparat! lol


  2. wow great !!

    Lex’s Reply: Wow pengunjung baru!😀


  3. well.. penjelasan bagus..
    cinta pada pandangan pertama = nafsu pada pandangan pertama <<< menohok banget.. Iya siih..

    Lex’s Reply: Selamat tertohok dan menohok orang lain dengan artikel ini.


  4. wah parah dah tuh hormon…

    Lex’s Reply: Memang hormon keparat, lol!


  5. setuju.. nafsu pd pandangan pertama..bukan cinta, seperti yg bro lex bilang : segala sesuatu adalah proses”.. jd untuk tumbuh rasa cinta butuh waktu/proses jg kan.

    Lex’s Reply: Wah, pembaca setia Hitman System yah..😀


  6. tapi kadang kita ngartiinnya cinta itu nafsu… jadinya, ya emang gitu deh.

    kan kata orang cinta itu berjuta rasanya😀

    Lex’s Reply: Hmm, sebenarnya cinta memang adalah nafsu sih, tapi itu untuk bahasan lain kali saja..😀


  7. cinta akan ada napsu, tapi napsu belum tentu cinta..

    Lex’s Reply: Tepat Sekali dan Salah Sekali pada saat yang bersamaan.


  8. karena itulah saya kurang tertarik sama perempuan yang bisa bikin saya tertarik pas pertama kali ketemu.. wekekek..:mrgreen:

    Lex’s Reply: Gue suka gaya loe, bro..😀


    • kerenn.. hahaha..

      Lex’s reply: Thanks!


    • J2 universal!🙂

      Lex’s reply:😀


  9. hehe.. jadi gitu ya, ga ada cinta dalam pandangan pertama

    Lex’s Reply: Sejauh ini, yap..


  10. Saya setuju.
    Gak ada tuh cinta pada pandangan pertama.
    Yg bener pastilah nafsu pada pandangan pertama. Buktinya kan setelah misalnya jadian, trs lama2 mulai bosan krn sering melihat yg bening2, trs putus, nah jelas kan nafsunya udah ga ke dia lagi😀. Jd itu bukan cinta.

    Eniwei, mungkin bukan cuma co saja ya, tp ce jg.

    Lex’s Reply: Of course itu berlaku di pria dan wanita juga.


  11. Cinta itu mengerti.. Mengerti itu understand.. Understand berasal dari dua kata, under dan stand.. Under artinya bawah, stand artinya berdiri. Jadi kalo yang bawah dah berdiri, itulah cinta.. hahahahaha…

    Lex’s Reply: Menohok! lol


  12. gw gx setuju lex Cz gw ngalamin cEndri cinta pda PnDngan pertama….
    wLpun uMur gw ru 15th tpi gw percya cinta pertama itu ada…
    cinta sicH = nafsu (untuk cWo)
    n ampe krng gw gx bsa lupain cwo thu

    Lex’s Reply: 15 tahun, cinta pada pandangan pertama, dan masukin alamat e-mail di kolom URL. Nang ning nang ning nang ning nung…😀 Salah belok website ya, dik, hayo gabung sama bocah-bocah seusianya di sana.


    • LOL!!


    • hahahahaha… lex kayanya harus membatasi umur pembaca blog ini deh…

      Lex’s reply: Ah tidak masalah dibaca semua usia.


      • Kalo begitu kenapa diusir?


    • Pake ini aja Lex
      http://alaygenerator.co.cc/


  13. napsu ternyata? kampret gw diboongin. jadi nemuin pasangan yang the best itu itu berarti butuh waktu, bukan 90 detik pertama shit, ketepu gw, thanks lex. bro salam sawai, gw juga orang sawai.

    Lex’s Reply: Hola bro, thanks sudah mampir. Of course butuh waktu, beli sendal aja tidak bisa asal sekali pandang. Btw, ‘sawai’ apaan? Ngga ngerti. Kalau ‘kawaii’ tahu, apalagi ‘kimochii’, ahahaha!


  14. Wohoho Lex akhirnya q nemuin lo disini , di hs q paling suka baca artikel u coz inspiratif n lucu.. syg lo hengkang di hitman..

    Lex’s Reply: Ketemu dari mana ya? Sampai jumpa lagi di sini.


  15. klo kata pacar gw bukan cinta pd pandangan pertama, tp “cinta pd obrolan pertama”… itu terjadi waktu pertama kita kenalan, gt katanya kesannya… hehe

    Lex’s Reply: Yah, ngga gitu beda sih.. ditunggu saja sampai efek hormonnya menurun.🙂


  16. Hmm.. menarik bahasannya dan saya sangat suka mengenai bahasan ilmiahnya. Kalau boleh, saya memilih menggantikan kata “nafsu” dengan kata “ketertarikan”. “Nafsu” terkesan relatif negatif dibandingkan “ketertarikan” hehehe.

    Setuju bahwa ketertarikan pada pandangan pertama bukan fondasi yang baik bagi hubungan jangka panjang, tetapi dari yang saya tahu ada sejumlah pasangan cukup sukses melanjutkan ketertarikan pada pandangan pertama tersebut ke taraf lebih lanjut.

    Oh ya, mau tanya dong, untuk penelitian di Universitas Aberdeen itu apa diberikan informasi mengenai profile yang di riset? Apakah hanya berlaku untuk pria saja? Atau juga berlaku untuk wanita? Hehehe, maaf banyak tanya, sebab menarik informasinya. Thanks.

    Lex’s Reply: Boleh saja sih diganti begitu, lebih tepatnya ‘Ketertarikan Fisik’… cuman penghalusan dari nafsu saja.

    Penelitian universitas itu berlaku untuk pria dan wanita. Kita memiliki kecenderungan pola yang sama dalam ‘melacak’ lawan jenis yang menarik, yakni radar pertama adalah tentang kebutuhan ego dan seks.


  17. wah berarti napsu gw gede dong…
    ahahaha.. lol
    kalo pria hormonnya gmpg dipengaruhi secara visual, gimana dgan wanita?

    Lex’s Reply: Pada dasarnya sama saja, sobat, visual juga. Hanya perlu dikemas dalam bentuk yang sedikit berbeda… seperti… ada deh. 😉


  18. ahaha…
    selalu…
    ciri khas lex,
    selalu mengemas pendapatnya untuk buat orang penasaran..
    kudu experimen sndiri neh…

    Lex’s Reply: Glad you understand that.😀


  19. iy tUch,, gw jG g’ setuJu bgT ma pNdangAn perTama,, cOz cIntA kHan G’ dInIlaI DarI pAndaNgan Pertama, pI dari rAsa yG timBul DalaM haTi…


  20. […] kawan lama menulis tentang PEA dan efeknya sebagai candu yang tidak sengaja kita lakukan kepada badan […]


  21. cinta pertama memang berjuta rasanya tapi ama nafsu pasti kalah….hehe

    salam kenal mas

    Lex’s Reply: Hehehe.. salam kenal juga.


  22. setuju banget….

    mana mungkin tumbuh perasaan cinta pada pandangan pertama, kalo ga simpatik (kagum dengan sesuatu yang dimilikinya) ya nafsu…😀

    Lex’s Reply: Exactly.


  23. […] ada alarm kecil yang menyala dalam dirinya agar berhati-hati pada Anda. Sekalipun dia mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Anda, itu tidak akan menghilangkan rasa cemasnya, malah memperparah karena kini ia merasa […]


  24. kalo saya sih lebih percaya “cinta pada pandangan ke-5” , karena kita sedikit banyak udah bisa melihat kepribadian dia yang tercermin dari tingkah lakunya . hehe😀

    Lex’s Reply: Boleh-boleh saja.🙂


  25. Pantes an mantan2 gua kalo lihat wa langsung pengen main cium aja… ternyata nafsu pada pandangan pertama.. huh2..

    Lex’s reply: Hahaha..


  26. […] blum yakin, coba klick di koreksi cinta pada pandangan pertama […]


  27. nafsu adalah makhluk yang tidak berwujud, klo yg nyanyiin “Makhluk tuhan yg paling sexy” gmana tuh lex lOl


  28. […] dia, harus diakui tak lain dan tak bukan pasti karena nilai fisik si cewek tersebut (fenomena napsu cinta pada pandangan pertama). Maka, jika pada step ini lu merasakan apa yang dirasakan cowok di […]


  29. […] sobat.. cinta yang kita rasakan saat bertemu wanita menarik (cinta pada pandangan pertama) dimana saja […]


  30. semoga anda panjang umur sehingga dapat terus menulis tulisan keren semacam ini! he3


  31. seru nich,,,



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: