h1

Percintaan Tidak Terhubung Dengan Faktor Fisik

Agustus 8, 2009

Berapa banyak pria-wanita yang selalu mengkhawatirkan suatu saat wajah ganteng dan cantiknya akan pudar dan pasangan mereka mencari alternatif yang lebih baik? Bagi sebagian besar orang, itu menjadi sumber kecemasan besar yang selalu menekan mereka untuk melakukan berbagai sihir modern via perawatan peremajaan kulit, operasi plastik, suntik botox, atau sejenisnya.

Tidak terhitung betapa banyaknya iklan dan produk yang menakut-nakuti kita akan kemungkinan perselingkuhan yang disebabkan menurunkan faktor keindahan wajah. Sekedar mengintip sebuah situs, saya mendapatkan daftar 11 varian cleaners, 3 varian protectors, 3 varian protecting creams, 5 varian whitening creams, 15 varian special care products, dan 5 varian decorative products. Dan jumlah itu baru dari satu jenis merek saja. Belum lagi anggapan bahwa tiap-tiap masalah kecil pun perlu ditangani dengan obat yang berbeda-beda.

Hubungan cinta sudah cukup sulit dengan dinamikanya sendiri, lalu mengapa kita masih perlu menaruh fokus pada hal-hal kecil yang sebenarnya tidak berperan penting dalam kelanggengan bercinta?

Lucy Brown dari Albert Einsten College of Medicine merekam respon otak 17 pria dan wanita dengan sistem functional magnetic resonance imaging (fMRI). Ditemukan bahwa area otak sebelah kanan menyala ketika mereka diminta memikirkan tentang hubungan cinta, padahal (menurut penelitian-penelitian sebelumnya telah disepakati) pengenalan keindahan wajah manusia terletak di area otak sebelah kiri.

Hal ini berarti sebuah perjalanan hubungan cinta tidak bergantung pada faktor keindahan fisik!

Romance seems to steep in parts of the brain that are rich in dopamine, a chemical known to affect emotions. These brain regions are also linked by other studies to the motivation for rewards. The activation regions associated with intense romantic love were mostly on the right side of the brain, while the activation regions associated with facial attractiveness were mostly on the left.

Jelas ini tidak untuk diinterpretasikan sebagai alasan untuk berhenti merawat wajah setelah kita memiliki kekasih. Setidaknya ini bisa mengurangi kadar keparnoan kita akan mitos cinta yang melulu terpaut akan faktor kecantikan.

Salam revolusi cinta,

      Lex dePraxis

Solusi Romansa #1 di Indonesia

lex depraxis sebar hitman system

14 komentar

  1. memang benar2 pngetahuan baru bagi saya, saya nantikan artikel selanjutnya… thx Lex..

    Lex’s Reply: Ditunggu juga kedatangan berikutnya.


  2. karena wanita itu berpikir secara emosi, sedangkan bentuk fisik adalah sesuatu yang bersifat logika. jadi sebenarnya gak nyambung kalau hubungan (emosi) dihubungkan kepada fisik (logika).

    dopamine? jadi inget postinganku yang ini

    Chemistry of Love

    Lex’s Reply: Setuju, sobat. Namun jangan sampai salah ambil kesimpulan, emosi dan logika SALING berhubungan. Kita hanya perlu tahu kapan, dimana, dan bagaimana keduanya itu saling terkait dan mempengaruhi.


  3. Klo ganteng tmbh PD. . Ahaha. .😀. .

    Lex’s Reply: Coba tanya sama pria yang ganteng, apakah mereka memang benar-benar merasa PD dengan kondisi fisiknya itu.😉


  4. Biasana semua tergantung dari apa image brandingnya .. kemudian masalah percintaan, kembali apa brandingnya fisik atau mungkin attitude.

    Lex’s Reply: Menarik!!! Tolong dijelaskan lebih jauh lagi.


  5. Huehehee… memang begitulah, namanya juga manusia. Orientasinya beda. Ada yg bela2in harus liat fisik dulu, cinta belakangan.

    Lex’s Reply: Cinta adalah sebatas kontrak sosial dan biologis.


  6. Hmmm.. rasanya yang ini masih butuh penelitian lebih jauh yah.. Apa benar itu mutlak?? Kayaknya tidak sepenuhnya, toh fakta di sekeliling kita berbicara bahwa faktor fisik masih tetap saja dominan, apalagi di tengah iklim sosial kita yang masih mengagungkan pengakuan….

    Lex’s Reply: Tentu tidak mutlak, apa sih yang mutlak di dunia ini.. semuanya kan perspektif.😉


  7. hmm hmm hmm…

    menurut saya cinta yang sebenarnya (cinta sejati) tetap berkaitan dengan fisik. bukan berarti saat fisik cantik lalu baru cinta, melainkan… saat cinta, maka fisik orang yang kita cintai jadi totally beautiful…

    cara mengeceknya? seringkali kita dengar teman bilang, ‘aduuhh… pacar gue ganteeengg banget’. padahal pas diliat mukanya kaya tukang ojek. but she’s consider him beautiful in her eyes because… that’s love…

    muach. salam kenal, lex.

    Lex’s Reply: Wise words, respect..😀


  8. mungkin bener loQ cinTa gx manDang fisiq tapi… dha beberapa orang yang cinta tw chayang m cwe or cwo ry fisik. biasanya cwo cRi cwe langsing, putih, cantik, dll. jarang cwo cri cwe baeg. Cwe jg sma. jdi gx slalu cinta gx mandang fisik, psti mandang fisik.

    Lex’s Reply: Belajar nulis dulu ya, dek.. baru ngomong soal cinta. :p


    • apa yang salah sama tulisan ku?
      thu khan tulisanku….
      besok2 aku belajar nulis lagi dech.
      cry???

      Lex’s Reply: Tidak ada yang bilang ‘salah’ kok.😀


      • menurut aku yang bilang cinta karena fisik itu bukan cinta. setuju nggak?

        lagian… cinta.. hhh.. kok balik lagi ke kata ini..

        Lex’s reply: Silakan,😀


  9. beauty is in the eye of beholder..
    bener tuh si womanation, logikanya saat jatuh cinta, otomatis raut muka org tsb akan berseri2. jadi semakin cerah, jadi tambah cantik or ganteng deh… ^.^

    mo cantik mo enggak, jatuh cinta itu indah. jangan ingkari, tetapi nikmati dan syukurilah.

    Lex’s reply: Boleh.. boleh.. boleh..


  10. bener banget lex, klo uda cinta faktor fisik uda nomor kesekian. Kayak lagunya Ipank ‘baik dan buruk bagiku tetap indah..,’

    di tunggu artikel berikutnya,🙂

    Lex’s reply: Hehehe.


  11. kalau ganteng bisa memilih milih wanita !!!

    Lex’s reply: Ya, itu salah satu keuntungannya.


  12. tolong aq mau nembak seseorang

    Lex’s reply: Silakan saja, jika ingin ditolak..🙂



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: