h1

Pembelajaran Via Multitasking

Agustus 28, 2009

pembelajaran multitasking

Tempo hari saya menyebutkan bagaimana membuyarkan konsentrasi seseorang akan membuatnya lebih mampu mengamati banyak hal secara sekaligus bersamaan. Anda mungkin bingung apa gunanya kondisi tersebut. Luar biasanya banyaknya, tapi saya beritahu satu yang saya yakin Anda sangat ingin kuasai: ngehit. ;)

Jika Anda belum tahu apa yang dimaksud dengan ‘ngehit’, itu adalah sebuah slang yang kami ciptakan di Hitman System untuk aktifitas melakukan interaksi sosial dengan orang yang tidak dikenal, secara spesifiknya kepada lawan jenis yang disukai. Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh lagi mengenai konsep dasar dan fungsi ngehit tersebut karena sudah bisa Anda baca sendiri di sana.

Melainkan, yang saya bahas adalah mengapa sebagian besar orang merasa begitu sulit untuk melakukan aktifitas tersebut. Pada prakteknya, ngehit adalah sebuah proses pembelajaran yang cukup kompleks. Anda dihanyutkan oleh seribu satu macam emosi yang malang-melintang di dalam pikiran Anda, sehingga kedua kaki terasa begitu berat untuk melangkah dan bibir lidah terkunci dengan rapat. Bahkan tidak jarang yang bereaksi dengan keringat dingin, pusing atau mual, dan terganggunya fungsi koordinasi tubuh.

Salah satu alasan terbesar adalah karena Anda terlalu berkonsentrasi melakukannya (apalagi jika ditambah dengan OMS!). Kegiatan tersebut memompa terlalu banyak adrenalin ke dalam tubuh sehingga Anda mengalami apa yang disebut sebagai tunnel vision. Secara umum, tunnel vision adalah hilangnya area pandangan yang membuat mata Anda terfokus seperti diselimuti lorong panjang. Gambaran sederhananya adalah seperti membidik sesuatu lewat teropong.

Semakin lama terkonsentrasi dalam kondisi seperti itu, semakin Anda terjerat dan sulit untuk melakukan eksekusi. Saya sudah merumuskan satu obat penawar ampuh untuk mengatasinya, bernama eLEV8, yang hanya diajarkan dalam workshop saja, namun saya akan memberi tips lainnya kepada Anda pembaca setia Unlocked.

Russel Poldrack, seorang peneliti yang menulis tentang multi-tasking di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences Sekelompok partisipan diminta mempelajari sesuatu dalam dua kondisi berbeda: kondisi kesunyian yang memungkinkan konsentrasi penuh dan kondisi dengan bunyi-bunyian distraksi seperti bel.

The brain’s hippocampus — a sea-horse-shaped structure that plays critical roles in processing, storing and recalling information — is necessary for declarative memory. For the task learned without distraction, the hippocampus was involved. However, for the task learned with the distraction of the bell beeps, the hippocampus was not involved; but the striatum was, which is the brain system that underlies our ability to learn new skills. The striatum is the brain system damaged in patients with Parkinson disease.. trouble learning new motor skills but do not have trouble remembering the past. We have shown that multi-tasking makes it more likely you will rely on the striatum to learn.

Aktifitas belajar yang disertai distraksi (atau pemecahan konsentrasi) akan membuat Anda memaknai pembelajaran tersebut lewat sensor tubuh. Istilah lainnya, apapun yang Anda lakukan itu akan diserap dan diinstall oleh tubuh Anda sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak berpikir.

Dalam interaksi sosial, Anda membutuhkan distraksi seperti itu agar Anda tidak sibuk sendiri berada di dalam kepala. Anda perlu mengandalkan striatum untuk membantu proses pembelajaran dalam situasi ngehit. Semakin banyak Anda mengadaptasikan tubuh Anda pada tekanan dan dinamika sosial seperti itu, semakin Anda menjadi santai dan terhindar dari fenomena tunnel vision di atas.

Seperti yang dijelaskan dalam publikasi tersebut, multi-tasking akan menciptakan distraksi-distraksi yang berguna itu. Dalam situasi ngehit, Anda dapat melakukannya dengan bersenandung lagu favorit atau berhitung satu hingga seribu di dalam hati. Tapi ingat, tips ini akan memberikan efek sebaliknya jika Anda memang masih baru pertama kali belajar ngehit yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Just don’t multi-task while you are trying to learn something new that you hope to remember. Listening to music can energize people and increase alertness. Listening to music while performing certain tasks, such as exercising, can be helpful. But tasks that distract you while you try to learn something new are likely to adversely affect your learning.

Salam revolusi cinta,

      Lex dePraxis

Solusi Romansa #1 di Indonesia

lex depraxis sebar hitman system

About these ads

11 komentar

  1. cool.. trus gimana donk Lex? musti sering latihan ngehit dulu (tanpa multi-tasking) baru ngehit pake multi-tasking ato gmn? :)

    paket AAN tuh biasanya nyampenya brp hari sih Lex? udah 10 hari ko belum nyampe ya?
    thanks buat sharingnya Lex Knight :)

    Lex’s Reply: Yup awalnya latih konsentrasi dulu, setelah beberapa lama, baru masukkan elemen multi-taskingnya.

    Tentang paket All About Ngarep, saya tidak tahu karena tidak berurusan dengan mereka lagi.


  2. Ow, mungkin ini yang sampeyan maksud dengan “lebih baik ngehit sekumpulan daripada satu”?

    Lex’s Reply: Salah satunya, ya. :)


  3. Postingannya selalu bermanfaat ya pak. Sip deh..! :)

    Lex’s Reply: Thanks for coming, my friend.


  4. Mantap sekali artikelnya. mantap dah blognya. :)

    Lex’s Reply: Terima kasih atas kunjungannya!


  5. gw baru sadar belakangan ini, ternyata ngehit itu banyak bgt manfaatnya, yang paling gw rasain itu sisi Leadershipnya, gw baru nyadar alasan kenapa HS lebih prefer pake indirect daripada direct (meskipun keduanya bisa dipake di HS), but kalo kita terbiasa pake indirect maka kita terbiasa berinteraksi dngn orang, secara ga langsung kita belajar untuk bisa menjadi sosok ‘leader’ di mana kita berada, that’s the point.

    Lex’s Reply: Exactly.


  6. mank pertama kali belajar ngehit membutuhkan konsentrasi penuh. gw pernah tuh knln sm cew jantungku berdetak kencang bgt trus ga bisa kosentrasi lg waw akhirnya ga karuan pikirannya deh, apakah itu tanda2 jodoh yah lex. mslh orang tua zaman dulu mengatakan begitu jika ketemu cew atau ngobrol tp jantungnya berdenyut cepat sekali tandanya itu jodoh?? klo gw knln sm cew trus pikirannya ga konsentrasi lg cara mengatasinya gmn ya lex….

    Lex’s Reply: Pikiran si wanita tidak konsentrasi? Atau pikiran Anda tidak konsentrasi?


  7. Jd maksudnya adalah ‘be in the moment’ nikmati apa saja yg terjadi di sekeliling kamu ketika kamu lagi ngehit (bau parfum yg di pakai tu cewek,tatapan sinis pria yg dari tadi ngeliat tu cewek tp gak berani ngajak kenalan, AC yg terlalu dingin) pokoknya hal2 yg membuat kamu tidak berfokus pada apa yg sedang kamu kerjakan. Benar seperti itu lex?

    Lex’s Reply: Kurang lebih begitu, atau lebih tepatnya.. be fluid.


  8. ah seandainya saat mau install distraksi distraksi itu ke tubuh gue, gue bisa milih jenis kaset install annya, gue pasti lebih dari lo lex :D lol.

    Lex’s Reply: Boleh aja, tapi kasetnya dijual dimana yah? :)


  9. ini yang manteb

    Lex’s Reply: Hehehe, thanks sobat.


  10. Lex, tanpa sadar, gw udah aplikasiin tips ini lho, n hasilnya keren ! Ceritanya gw lg ditoko buku, n asyk baca, tiba-tiba di smping gw ad cw manis bgt sendirian lg ubek-ubek cri buku gitu. Gw pngen ngobrol ma dy, tp gw mndadak nervous bgt, pikiran gw dipnuhi ilusi-ilusi negatif, tersiksa bgt gw. nah, kbetulan saat itu gw lg gejala batuk gt, n sengaja az gw batuk di deket dy.

    Ajaibnya, stelah batuk-batuk tsb, gw lngsung mrasa nyamn bgt, dan ilang smua kecemasan gw ! gw mrasa enjoy bgt, apa ini yg nmnya pengalihan fokus ? dah enjoy gt, gw negur dy “cari buku apaan sih ?” ekspresi gw flat n cool az. Ga sangka gw, dy senyum dan ramah bgt jawab pertanyaan gw ! ” Cri buku tentang surat”, kata dy, n kita ngobrol lah sebentar, hehe. sayang, gw ga smpet tanya nm n no hp ny, coz gw masih heran dgn respon dy yg baik bgt.

    Asli, berkesan bgt momen itu, thank Lex. Amazing tips !

    Lex’s reply: Tepat sekali, salah satu aplikasi praktis (walau tidak disengaja) atas prinsip yang diteliti itu.


  11. Lex, nyambung komen2 diatas, dalam ngehit, lebih baik mana, direct or indirect ? ato ada situasi tertentu mau pake yg mna ? Gw msh bngung antara 2 opsi itu.

    Lex’s reply: Tidak ada pembagian direct atau indirect. Semua bentuk hit adalah indirect.. saya hanya bisa jelaskan dalam workshop, sobat.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: